Kamis, 30 Maret 2017

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

  4 komentar
Sekarang ini perkembangan dunia gaming semakin cepat. Tidak hanya game-game yang setiap tahun mengalami perkembangan dan juga pembaharuan, namun notebook khusus gaming turut mengimbangi perkembangan tersebut. ASUS, salah satu perusahaan IT terbesar di dunia selalu memberikan pembaharuan untuk menjawab segala tantangan. Termasuk dalam dunia gaming ini. ASUS memiliki notebook gaming series atau yang lebih dikenal ASUS ROG yang saat ini sudah memiliki banyak series yang dirilis. Salah satunya adalah ASUS ROG GX800 yang dipercaya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan layak mendapat julukan notebook gaming spek “dewa” pertama di dunia.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Pada tanggal 22 Maret 2017, ASUS Indonesia secara resmi merilis sebuah notebook gaming terbaru, yaitu ASUS ROG GX800. Peluncuran kali ini mampu mendapatkan banyak perhatian dari para gamers dan pengguna notebook gaming. Mengapa demikian ? Tentunya spesifikasi dan harga yang ditawarkan menjadi poin utama dalam peluncuran kali ini. ASUS ROG GX800 ini telah menggunakan prosessor Intel Core generasi terbaru dan memiliki komponen-komponen hardware yang paling mutakhir dan lebih gahar. 



Dalam pelucuran ASUS ROG terbaru ini turut pula dihadiri para gamers yang sudah terkenal, seperti Donna Visca, Tim Female Fighter dan juga ASUS menghadirkan overclocker asal Indonesia, Alva Jonathan yang merupakan overclocker yang pernah mendapat juara satu dalam ajang dunia Galax GOC 2016. Selain itu pada acara ini, ASUS juga memperkenalkan Brand Ambassador Baru untuk ASUS ROG, yakni Chandra Liow.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Harga sekitar 10 jutaan ke atas sudah menjadi rata-rata harga dari sebuah notebook gaming. Namun, bagaimana kalau harga sebuah notebook gaming setara dengan harga sebuah mobil ?

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia



Sebelum membahas lebih jauh ASUS ROG GX800 ini, silakan tonton video UNBOXING ASUS ROG GX800 oleh Ridwan Hanif Rahmadi di bawah ini :




Bagaimana semakin penasaran bukan dengan notebook gaming terbaru dari ASUS ini ? Sebelum membahas poin-poin penting notebook gaming ini, saya berikan sedikit informasi mengenai ASUS ROG.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Republic of Gamers (ROG) adalah sebuah brand perangkat keras notebook khusus gaming dari ASUS, perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook ~ Wikipedia. Menurut saya ASUS ROG GX800 ini merupakan satu-satunya notebook gaming yang memiliki spesifikasi paling tinggi. Dan harga yang ditawarkan sebanding dengan kemampuan yang ditawarkannya. 


Apa Kata Mereka Tentang ASUS ROG ?

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Berikut ini adalah ulasan spesifikasi secara detail yang dimiliki ASUS ROG GX800 yang membuat notebook gaming ini mendapat julukan notebook gaming spek "dewa" pertama di dunia. Selamat membaca.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia 

Julukan Spek “Dewa” sangat cocok diberikan untuk notebook gaming seperti ASUS ROG GX800 ini. Komponen inti hardware menjadi faktor seberapa unggul notebook gaming tersebut sehingga layak mendapatkan julukan spek “Dewa”. Salah satu inti hardware yang paling berpengaruh pada notebook adalah prosessor. ASUS ROG GX800 ini sudah dilengkapi dengan prosessor Intel Core i7-7820HK yang memiliki kecepatan hingga 4,2GHz dan mampu di-overclocking hingga 4,6 GHzDan perlu diketahui prosessor ini merupakan prosessor terbaru dari Intel.



Intel Core i7 7820HK ini termasuk dalam generasi "Kaby Lake" yang menjadi generasi ketiga dari prosessor yang menggunakan proses fabrikasi 14 nm setelah Broadwell dan Skylake. Intel menyebut proses fabrikasi 14 nm pada Core i7th Generation “Kaby Lake” sebagai 14 nm+ (14 nanometer plus). Pada proses fabrikasi 14 nm+, Intel melakukan sejumlah optimalisasi sehingga prosesor Core i 7th Generation “Kaby Lake” mampu menawarkan rasio performance/Watt lebih baik dibandingkan pendahulunya. Untuk Core i 7th Generation “Kaby Lake”, performa komputasi ditingkatkan tanpa meningkatkan penggunaan daya listrik.




Dua huruf dibelakang nomor prosessor diatas menjelaskan bahwa prosessor ini memiliki kemampuan atau performa yang sangat tinggi dalam segi grafisnya. Kemudian seperti yang saya ulas diatas, bahwa prosessor ini mampu di-overclocking hingga 4,6 GHz.


Selain itu, prosessor ini dipercaya memiliki nilai clock speed beberapa ratus lebih tinggi dibandingkan prosessor Skylake di kelas yang sama.


Processor inilah yang menjadi senjata utama sebuah notebook gaming  ketika digunakan untuk bermain game. Banyak sekali keunggulan-keunggulan yang dimiliki dari prosessor Intel Core generasi terbaru ini, seperti performa lebih cepat, prosessor lebih dingin, dan mampu berkolaborasi dengan komponen-komponen hardware lainnya.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Processor intel Core i7 7820HK ini memiliki beberapa fitur-fitur unggulan. Salah satunya adalah adanya fitur Hyper-Threading. Hyper-Threading merupakan kemampuan sebuah processor untuk melakukan pemrosesan dua thread sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Fitur ini akan sangat terasa ketika akan menggunakan ASUS ROG GX800 untuk kebutuhan multimedia, video editing, 3D Designer dan lain sebagainya. Karena proses perenderan akan lebih cepat. Bagaimana proses dari sistem Hyper-Threading pada prosessor ini ? Silakan lihat ilustrasi gambar di bawah ini :


Jadi pada gambar ilustrasi di atas menggambarkan bahwa dalam sebuah prosessor dengan teknologi Hyper-Threading, satu core akan dibaca dua core. Jadi pada prosessor ini terdapat delapan buah core yang saling bekerja untuk menyelesaikan tugas secara efisien dan efektif. Kelebihan teknologi ini salah satunya prosessor tidak akan bekerja terlalu berat ketika harus dipaksa atau di-overclocking hingga batas tertentu.


Berikut ini informasi lebih lengkap mengenai prosessor Intel Core i7 7820HK yang saya dapatkan dari website resmi Intel :

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Informasi selengkapnya bisa Anda lihat di sini : Intel Core i7 7820HK

Gambar diatas menunjukkan bahwa notebook gaming ASUS ROG GX800 ini benar-benar notebook gaming spek “Dewa”.

Berdasarkan informasi yang saya ambil di CPU-Z Benchmark, prosessor ini masih menduduki jajaran atas dalam Single Thread dan Multi Thread :

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Acara peluncuran ASUS ROG GX800 yang turut dihadiri oleh salah satu overclocker  kelas dunia dari Indonesia yaitu Alva “Lucky_n00b” Jonathan. Pada sesi demo Alva “Lucky_n00b” Jonathan memperlihatkan jika kemampuan gaming ASUS ROG GX800 masih dapat ditingkatkan secara signifikan dengan meng-overclock prosesor bahkan saat game dijalankan di resolusi 4K/Ultra HD. Alva “Lucky_n00b” Jonathan juga memperlihatkan jika ASUS ROG GX800 saat ini bertengger di posisi pertama pada kompetisi online yang dilakukan HWBOT untuk kategori notebook/laptop. Proses overclocking pada ASUS ROG GX800 pun dapat dilakukan dengan lebih mudah bahkan untuk pemula dengan menggunakan aplikasi bawaan ASUS Gaming Center.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

TOP 15 HIGHEST FREQUENCIES IN THE LAST 12 MONTHS WITH THIS CPU :

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Dari gambar yang saya ambil di http://valid.x86.fr/ memperlihatkan bahwa notebook gaming ASUS ROG GX800 masih bertengger diposisi-posisi atas dalam hal performa CPU atau kemampuan prosessornya. Dan masih mengungguli notebook gaming lainnya.

Dengan prosessor terbaru dari Intel, Anda dapat melakukan semua aktivitas yang harus melibatkan notebook gaming ini. Mulai dari menonton film bahkan hingga bermain game sekaligus. "This notebook is very usefull for every one"

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia 

ASUS ROG GX800 memiliki desain yang sangat mewah. Kemewahan ini tampak pada hampir seluruh bagian notebook gaming ini. Mulai dari permukaan bawah hingga permukaan atas atau pada bagian cover-nya. Desain yang dimiliki notebook gaming ini memang mirip dengan ASUS ROG seri sebelumnya, yaitu ASUS ROG GX700. Hal ini tampaknya memang disengaja oleh perusahaan asal Taiwan tersebut. Desain pada seri ASUS ROG hampir sama dengan seri pendahulunya, yakni memiliki desain aerodinamis berbalut warna metal yang sangat memukau. Ciri khas notebook gaming buatan ASUS juga kembali ditampakkan melalui logo mewah ROG yang berada di tengah-tengah permukaan atas notebook ini.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Spesifikasi tinggi yang dimiliki ASUS ROG GX800 ini, membuat dimensi body GX800 ini terlihat sedikit bongsor. Hal ini dibuktikan dengan bobot notebook sebesar 5,7 kg. Namun hal ini tidak membuat kecintaan terhadap ASUS ROG GX800 hilang. Karena dengan memiliki bobot bongsor tersebut, ASUS telah memberikan komponen hardware terbaik. Sehingga spesifikasi yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan notebook gaming lainnya.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia 

Satu-satunya notebook gaming yang memiliki ukuran layar ter ”gede” atau ter “besar” atau ter “lebar” adalah ASUS ROG GX800 ini. ASUS ROG GX800 ini memiliki ukuran layar sebesar 18,4 inci dengan resolusi UHD atau 4K 3840 x 2160, lebih besar dengan ROG pendahulunya yakni ROG GX700 yang memiliki ukuran layar 17,3 inci saja. Layar notebook gaming ini sudah dilengkapi dengan teknologi In Plane Switching (IPS) yang mampu memberikan akurasi dan reproduksi gambar yang lebih baik. Layar IPS sangat cocok digunakan untuk hal-hal seperti, fotografi, desain grafis, konten game 3D, hingga membuat film.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Layar yang dimiliki ROG GX800 ini telah mendukung teknologi NVIDIA G-Sync. NVIDIA G-SYNC adalah sebuah fitur yang ditempatkan pada layar dari NVIDIA. G-SYNC akan memperhalus gerakan gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan refresh rate yang dihasilkan oleh GPU, sehingga layar yang sudah menggunakan teknologi ini bisa dipastikan memiliki gerakan yang lebih mulus dan mampu mengeliminasi gerakan patah-patah (screen tearing) yang diakibatkan oleh ketidak-cocokan refresh rate antara layar dan GPU.

ASUS ROG GX800 ini memiliki tingkat sudut penglihatan yang lebih besar, yakni 178 derajat baik secara vertikal ataupun horizontal. Hal ini mambuat para gamers menjadi lebih nyaman untuk mendapatkan posisi terbaik dalam menatap layar “gahar” ini. Kenyamanan adalah kunci utama untuk dapat bermain game secara sempurna tanpa ada masalah yang akan tercipta baik pada saat menggunakan notebook gaming ini ataupun setelahnya.

Tidak hanya itu, masih ada banyak teknologi-teknologi lainnya yang sangat mendukung performa dari notebook gaming spek “dewa ini. Tidak ketinggalan juga salah satu teknologi yang sudah dikenal banyak orang, yang biasa ditemukan di produk-produk buatan ASUS, yaitu ASUS Spendid yang merupakan teknologi layar khas dari ASUS yang turut hadir pada notebook gaming seri ini.

Teknologi yang sangat menyenangkan ini, mempunyai empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.


Berikut infografis mengenai ASUS Splendid Technology :


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Dari keempat mode diatas, Anda dapat mengatur sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Fitur ini sangat membantu dalam hal



 ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800 memiliki komponen hardware penting lainnya yang juga sama-sama berspesifikasi lebih tinggi. Salah satunya pada kartu grafis yang dimiliki notebook gaming ini. ASUS ROG GX800 memiliki kartu grafis paling mutakhir dari NVIDIA, yakni NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM



Kartu grafis yang digunakan bertipe 2 Way SLI GTX1080. Artinya ada dua buah VGA card GTX 1080 yang ditanam di dalam notebook gaming ini, kemudian performa dan kinerja dari keduanya digabungkan menjadi satu untuk menghasilkan satu kekuatan yang lebih besar.

Coba bayangkan bagaimana sebuah notebook gaming memiliki dua buah kartu grafis sekaligus yang memiliki kekuatan yang sama gaharnya ?

Tentu tidak terbayangkan. Secara spesifikasi, GTX 1080 memiliki CUDA Core sebanyak 2560, sementara base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.  Satu buah GTX 1080 memiliki VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps. Sehingga VRAM yang dimiliki GTX 1080 ini sebesar 16 GB.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Tidak hanya itu keunggulan yang dimiliki GTX 1080. Namun masih ada beberapa keunggulan lainnya yang menawarkan kemampuan grafisnya. Seperti fitur-fitur yang hanya ada pada notebook kelas tinggi. Dengan kartu grafis ini, di dalamnya sudah dibekali dengan salah satu fitur virtual, yaitu fitur VR Ready. Jadi, ASUS ROG GX800 ini sudah siap memainkan game-game yang sudah mendukung konten gim VR. Selain itu, Beberapa teknologi unggulan yang berkaitan dengan grafis juga sudah melekat pada kartu grafis GTX 1080 ini, antara lain Nvidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL dan lainnya. Semua fitur tersebut berguna untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan efek efek di dalam game agar bisa berjalan mulus ketika dimainkan.

Kemudian pada sektor penyimpanan RAM, ASUS membekali notebook gaming ini dengan RAM berkapasitas 64 GB DDR4 yang memiliki kecepatan hingga 2.800 MHz. Memang spesifikasi diatas terbilang sangat luar biasa. Karena belum ada notebook gaming lain yang memiliki spek “dewa” seperti ASUS ROG GX800 ini. Dengan kapasitas besar tersebut,  Segala aktivitas dapat Anda lakukan menggunakan ASUS ROG GX800 mulai dari kegiatan multitasking hingga bermain game yang berat.

ASUS ROG GX800 menggunakan media penyimpanan buatan Samsung yakni SM951 yang diklaim sebagai Solid State Drive tercepat abad ini. SSD tersebut juga memiliki fitur NVMe alias Non Volatile Memory Express yang memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2 untuk memaksimalkan kecepatan bandwidth-nya. Kapasitas penyimpanan yang dimiliki notebook gaming ini adalah M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0. Artinya pada ASUS ROG GX800 memiliki tiga buah SSD sebesar 512 GB yang digabungkan menjadi satu dalam sebuah komponen hardware. Jadi besar hard drive yang dimilikinya kurang lebih sebesar 1,5 Tera byte. 

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Seperti diketahui bahwa Slot PCIE4 memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan SATA3 atau mungkin bisa dibilang ini adalah koneksi media penyimpanan paling cepat saat ini. Slot PCIE 4 menghasilkan kecepatan membaca SSD hingga 20Gb per detik, atau 4 gigabyte lebih cepat dibandingkan dengan Raid 0. Penggunaan PCIE 4 juga lebih aman dan tahan lama, karena jika salah satu keping SSD rusak, maka keping SSD lain tetap aman. Bermain dengan jumlah game yang banyak tidak masalah. Apalagi untuk menyimpan file-file seperti foto, video, atau film dapat menyimpan dalam jumlah yang sangat banyak.

Beberapa komponen hardware diatas akan saling bekerja membentuk sebuah kinerja yang optimal dalam peningkatan kualitas grafis, penyimpanan dan performa yang dimilikinya. Spek “Dewa” hanya dimiliki ASUS ROG GX800.



Nah, berbeda dengan ASUS ROG GX700, Pada ASUS ROG GX800 ketika digunakan dalam mode docking mode, pengguna harus memasang dua buah charger yang totalnya mencapai daya 660W. Satu charger dipasang di notebook dan satunya lagi harus dipasang pada pada watercooling.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Hal ini membuat masukan daya yang dibutuhkan untuk memberikan makan perangkat ini menjadi luar biasa besar. Pada ASUS GX700, adapter sebesar 330W sudah cukup untuk menghidupi notebook sekaligus watercooling yang terpasang. Sementara untuk GX800 ada dua buah adapter yang berukuran 330W harus terpasang. Hal ini wajar mengingat ASUS ROG GX700 hanya menggunakan 1 buah graphic card yakni Nvida GTX980 sementara ASUS ROG GX800 memiliki dua buah graphic card GTX1080.


Namun, sebenarnya dalam praktiknya notebook gaming dan docking watercooling ini hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 550W saja pada saat di overclock hingga 4,6 GHz, Dan tanpa menggunakan docking, notebook gaming ini sebenarnya sudah memiliki kemampuan hingga 90 persen dengan hanya menyuplai satu charger notebook 330 W saja. 


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Biasanya dalam pembelian notebook banyak yang belum terpasang sistem operasi alias DOS, namun berbeda dengan notebook gaming ASUS ROG GX800 ini. Seperti notebook-notebook ASUS lainnya, ASUS telah memasang sebuah sistem operasi (pre-istalled) pada ASUS ROG GX800 dengan Windows 10 Home.


Windows 10 Home ini memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan sistem operasi generasi sebelumnya. Tentunya berkat adanya sistem operasi ini, seluruh komponen baik software dan hardware ASUS ROG GX800 mampu berintegrasi membentuk kinerja yang utuh layaknya capaian kesempurnaan.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Berikut Beberapa Keunggulan-Keunggulan pada Windows 10 :


  1. Adanya Cortana, Mempermudah Penggunaan Windows dengan Perintah Suara
  2. Hadirnya Penjelajah Internet Terbaru, Microsoft Edge
  3. Multi Desktop, Menjadikan Beberapa Layar Kerja dalam Satu Tampilan
  4. Dukungan Aplikasi XBOX untuk Gamers Sejati


Kali ini ASUS telah beralih dari single LED keyboard yang berwarna merah, menjadi menggunakan RGB keyboard yang dapat memancarkan bermacam warna. Jelas ini update yang sangat baik, karena secara personal, penulis beranggapan RGB keyboard lebih keren daripada single LED keyboard. Anda pun dapat menyesuaikan nyala lampunya melalui ROG Aura yang terdapat pada ROG Gaming Center.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Keyboardnya pun kini telah menggunakan mekanikal keyboard. Hal ini praktis membuatnya kenyamanan dan daya tahan papan ketik tersebut menjadi lebih unggul dari sebelumnya. Feel saat menekan keyboard tersebut terasa clicky juga sangat halus dan empuk. Tombol WASD diberikan warna agak bold dengan aksen putih di sekelilingnya.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Sementara tombol untuk memanggil aplikasi ASUS Gaming Center berpindah dari sebelumnya terletak berdekatan dengan Numlock menjadi memojok di bagian atas berdampingan dengan tiga tombol makro key, video record, serta volume min and max.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Perangkat ini juga memiliki trackpad yang sangat responsif dan punya daya jelajah yang amat luas. Trackpad button-nya pun dibuat dengan sangat baik dan empuk ketika ditekan. Satu yang sedikit agak berbeda, logo ASUS yang berada di sebelah kanan notebook ikut menyala ketika perangkat dihidupkan. Terlebih ketika Anda telah mengkonfigurasi RGB-nya, logo itu akan turut memancarkan warna-warni yang bakal  memikat mata.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800 memiliki port input dan output yang sangat lengkap. Notebook gaming ini memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K dengan tingkat refresh rate 60Hz. Adapula display port 1.3 yang mendukung 8K monitor (60 Hz) atau dual 4K monitor 60Hz. Kemudian ada 2 buah USB 3.1 Type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB 3.0 Type A, Headphone jack, mic jack, WiFi Antena eksternal serta 2-1 card reader. Tidak lupa juga LAN port dan Kensington lock.

Perlu diketahui bahwa USB 3.1 Type C Thunderbolt 3.0 ini memiliki kecepatan tinggi, lebih banyak piksel yang didapat (2 x 4K) dan masih banyak lagi keunggulan dari port USB ini.






ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Secara mendasar konsep ASUS ROG GX800 hampir sama dengan GX700. Ide mulanya adalah, adanya keinginan untuk menciptakan komputer mobile yang performaya dapat menyamai perangkat desktop. ASUS tampaknya sangat berambisi akan gagasan ini dan memulai riset untuk menciptakan teknologi ini watercooling sejak 2003.

Dalam implementasinya, sebagai sebuah notebook ASUS ROG GX800 adalah perangkat yang cukup portable walau sejujurnya bobot maupun dimensinya sedikit merepotkan untuk dibawa-bawa. Tetapi dia adalah teman ideal bagi para gamers yang benar-benar membutuhkan performa.

Sementara sebagai workstation atau gaming desktop, pengguna bisa memanfaatkan docking khusus yang berisi cairan (watercooling) yang tersimpan rapi di dalam sebuah koper. Saat kedua bersatu padu, kemampuan notebook seketika menjadi bak seperti monster yang siap melahap game apapun.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Perlu untuk diketahui, cara kerja dari docking yang  oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station ini masih sama dengan watercooling pada GX700. Pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja.




Setelah menunaikan tugas tersebut, cairan panas yang telah mendinginkan sistem tersebut dialirkan lagi keluar sistem dan kembali menuju docking untuk mendinginkan temperature dengan radiator. Panas akan dibuang keluar melalui lubang ventilasi pada radiator.

Desain radiator water cooling dibuat dengan proses manufaktur yang sama dengan sistem pendingin yang ada pada sebuah mobil, agar dapat memberikan penyegaran dan pendinginan yang maksimal. Water cooling-nya pun sangat mudah digunakan, karena pengguna hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di docking dengan notebook.

Hanya saja cooling ASUS GX800 bekerja lebih berat karena harus mendinginkan dua buah GPU serta 1 CPU untuk menstabilkan sistem yang berjalan. Pendingin tersebut juga memiliki diameter 20 persen dibanding sebelumnya yang secara otomatis menampung coolant (cairan pendingin) lebih banyak. Bobotnya sendiri mencapai 4,7Kg.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Sementara di dalam notebook terdapat sebuah fan yang cukup besar Daya rotasi dari kipas tersebut dapat disesuikan untuk memberikan hasil yang maksimum. Tentu saja saat Anda menggunakannya untuk bermain game berat tanpa docking, harusnya menyetel fan-nya mentok diangka 100 persen. Namun hal ini akan memberikan ekses berupa suara yang cukup berisik. Wajar, tenaga dan daya putar kipas memang harus besar untuk menenangkan berbagai komponen buas di dalamnya.

Tidak hanya CPU-nya saja yang sanggup di overclock, namun GPU-nya pula mampu dimaksimalkan kemapuannya. Sang GPU dapat di overclock mencapai 2,1GHz melalui ASUS Gaming Center. Anda pun dapat memainkan semua jenis game berat yang sudah disupport dengan fitur 4K dengan nilai FPS mencapai di atas 60.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Untuk mendukung multiplayer gaming seperti LAN Party yang membutuhkan real time video chat yang saat ini sedang tren, ASUS juga memberikan fitur dual array microphones yang dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat atau ketika kamu sedang mengikuti kompetisi gaming outdoor.

Teknologi Noise Supression yang dimiliki ASUS juga dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti suara ketika mengetuk papan ketik, suara kipas notebook hingga audio yang dikeluarkan game itu sendiri. Sehingga lawan bicara dapat mendengar suara Anda dengan jelas tanpa terganggu suara lain yang tidak diinginkan.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Selain performa notebook tinggi untuk mendukung gaming experience pengguna, ASUS juga memberikan fitur ASUS GameFirst III yang akan mengoptimalkan koneksi internet untuk kebutuhan gaming dibandingkan dengan kebutuhan lainnya yang tidak mendukung kebutuhan gaming. Sehingga kita tidak perlu takut untuk menjalankan aplikasi lain di background, atau sambil mendownload file dari internet ketika bermain game, karena bandwidth internet akan diutamakan untuk kebutuhan bermain game.


ROG Gaming Center


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Game Setting


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


Mode Extreme



ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


Mode Optimized



ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


Mode Standard


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

 


Berikut beberapa hasil benchmark ASUS ROG GX800 dalam tiga mode, yakni ekstrim, optimized dan standart. Secara otomatis ketika modenya ditingkatkan, dari standar menuju optimized dan ekstrim, kemampuannya akan langsung meningkat.


Mode Standard


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Mode Optimized


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Mode Extreme

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Berikut Spesifikasi Lengkap ASUS ROG GX800 :


Main Spec.
ROG GX800 (G-SYNC)
CPU
Intel® Core™ i7-7820HK processor overclock up to 4,2GHz
Operating System
Windows 10 Home
Memory
64GB DDR4 up to 2800MHz
Storage
M.2 PCIEX4  NVMe 512G*3 RAID 0
Display
18.4” Anti Glare UHD IPS LED backlight (3840X2160) with G-SYNC
Graphics
NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI 16GB GDDR5 VRAM
Input/Output
1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 3 x USB 3.0 port(s), 2 x USB 3.1 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI, 1x Thunderbolt
Camera
Built-in HD camera and array mic
Connectivity
Integrated 802.11ac, BT 4.0 support
Audio
Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster. Built-in subwoofer, 4 speakers. ESS Sabre Headphone DAC to enhance audio performance.
Dimension
ROG GX800: 458 x 338 x 454 mm
Hydro Overclocking System: 359 x 418 x 133 mm
Battery
8 cell Lithium-Ion 76 Whr 5.200 mAh
MSRP
Rp 95,499,000
Warranty
2 years full global warranty

Cerita Menarik Menggunakan ASUS ROG GX800


Tentu, ketika mendengar cerita menarik menggunakan notebook sudah biasa. Namun, bagaimana kalau cerita menarik ini merupakan cerita menarik yang benar-benar menarik ? 

Kebutuhan masyarakat untuk memenuhi segala aktivitas sangat membutuhkan sebuah perangkat elektronik. Salah satunya dengan menggunakan notebook. Notebook yang memiliki spesifikasi standar sudah biasa terdengar. Tetapi bagaimana kalau segala aktivitas keseharian kamu dibantu dengan ASUS ROG GX800 ini ? Sangat menarik untuk disimak.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Seorang videografer tidak hanya mengandalkan perangkat fotografinya. Melainkan juga membutuhkan sebuah alat untuk menghasilkan videografi. Seorang videografer mengumpulkan banyak video-video yang kemudian akan dijadikan satu kesatuan menjadi video yang utuh. Seperti pada saat pembuatan film, mini movie, atau pun short movie. Kecepatan dalam proses perenderan sangat diperhatikan untuk menghasilkan video secara cepat dan efisien. Nah, dengan menggunakan ASUS ROG GX800 dapat dipastikan proses perenderan sangat cepat dengan kemampuan performa hardware yang dimilikinya. Proses penyimpanan, editing, bahkan perenderan dalam ukuran yang sangat besar dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus menunggu waktu yang lama. 

Bisakah ASUS ROG untuk kebutuhan sekolah atau kantor ? Sebenarnya secara spesifikasi yang dimiliki notebook ini sangat rekomendasi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kantor. Namun, jika notebook ini digunakan untuk kebutuhan tersebut disarankan untuk membawa notebook sesuai kebutuhan saja. Mengingat bobot yang ada pada notebook ini. Atau jika kebutuhan sekolah dan kantor tersebut bersifat jangka panjang, disarankan untuk memberikan ruangan khusus dan tempat untuk meletakkan notebook gaming ini senyaman mungkin. Jadi, gunakan notebook ini sesuai dengan kebutuhan saja jangan terlalu memaksakan untuk selalu membawanya kapanpun dimanapun.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Dan cerita menarik yang menurut saya paling menarik adalah ketika ASUS ROG GX800 ini digunakan untuk bermain game. Sejatinya, memang notebook ini dikhususkan untuk memainkan game-game yang sangat berat. Seperti untuk memainkan game GTA atau DOTA. Tentunya dengan spesifikasi yang sudah ada pada notebook gaming ini, menjadikan ASUS ROG GX800 sangat rekomendasi untuk bermain game. Merasakan bagaimana bermain sebuah game layaknya bermain secara nyata menjadi cerita menarik tersendiri. Adanya fitur VR Ready yang sudah mendukung konten game VR dapat memberikan suasana paling langka sepanjang masa. Mengingat hanya beberapa notebook gaming saja yang sudah mendukung konten virtual ini.


Jangan ragu lagi pilih ASUS ROG GX800 ini sebagai notebook gaming kamu !

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

Dalam pembelian sebuah ASUS ROG GX800 ini, Anda akan mendapatkan sebuah notebook gaming ASUS ROG GX800, sebuah Liquid Cool Docking, Gaming Suitecase, Backpack bag, External Antenna dan Mouse Gaming Gladius, serta dua buah Charger.

ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia


ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia

ASUS selalu memberikan inovasi dalam penciptaan sebuah produk yang sempurna. ASUS ROG GX800 ini merupakan salah satu produk notebook gaming yang berhasil diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para gamers. Notebook gaming ini memang dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp 95,499,000. Namun harga ini sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Di balik harga tersebut tersemat banyak keunggulan-keunggulan yang diberikan pada ASUS ROG GX800. Seperti prosessor yang telah menggunakan prosessor generasi terbaru, yakni Intel Core i7 7820HK. Kemudian pada sektor grafisnya telah menggunakan kartu grafis NVIDIA® GeForce® GTX 1080 SLI. Dan masih banyak sekali keunggulan yang ada pada notebook gaming ini.

Jadi, sudah semakin percaya kan dengan kemampuan yang dimiliki ASUS ROG GX800 ini ? Dan jika kamu merasa seorang "sultan" yang tentunya banyak uang, silakan membeli notebook gaming ini. Karena hanya tersedia 30 unit ASUS ROG GX800 di Indonesia. 

Akhir kata, julukan notebook gaming spek "dewa" sangat layak diberikan untuk notebook gaming seperti ASUS ROG GX800 ini. 

ASUS ROG GX800
Reviewed by Ade Putra Pramuditya
on March, 30 2017

Total Rating: 5.0

Spesification
Design
Performance
Recommended


Sumber :

Press Release ASUS ROG GX800

Demikian artikel mengenai ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Spek “Dewa” Pertama di Dunia. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terima kasih.


4 komentar :

  1. 8gb aja udah cukup banget...apalagi 64 gb mau buat apa coba ram sebanyak itu ?

    BalasHapus

Masukan komentar Anda di bawah ini