3 Jenis Fisioterapi Yang Perlu Diketahui

3 Jenis Fisioterapi Yang Perlu Diketahui

Fisioterapi pada dasarnya merupakan salah satu bidang kesehatan atau medis yang memiliki beragam manfaat. Bisa dikatakan ini termasuk sebagai pengobatan alternatif, bagi beberapa jenis gangguan penyakit tertentu, dimana memang Anda tidak cukup dengan mengonsumsi obat-obatan oral saja, melainkan juga harus ditunjang dengan terapi untuk mengembalikan kemampuan tubuh, misalnya adalah kelumpuhan ataupun juga rasa sakit di beberapa bagian tubuh tertentu karena salah posisi. Sekarang ini bahkan jika dilihat ada banyak sekali diantara jasa fisioterapi datang ke rumah yang akan mempermudah Anda.

Memang seiring dengan perkembangan teknologi masyarakat diberikan kemudahan di dalam memanfaatkan layanan kesehatan yang ada. Tak hanya bisa konsultasi secara online saja dengan tenaga medis. Melainkan langsung memanggil tenaga medis datang ke rumah nyatanya juga tetap bisa dilakukan. Pastinya juga jauh lebih praktis, apalagi bagi Anda yang tergolong sibuk, sehingga tidak sempat di dalam mengantarkan anggota keluarga tersebut untuk berobat ke rumah sakit. Tentu solusinya adalah dengan memanggilnya ke rumah.

Hadirnya layanan atau jasa fisioterapi yang bisa didatangkan ke rumah ini pastinya akan sangat membantu Anda bukan. Karena jauh lebih praktis dan juga menghemat biaya untuk transportasi. Pada dasarnya jenis fisioterapi sendiri terbagi atas 3 bidang, berikut ini yang harus Anda ketahui:

1. Fisioterapi anak, tak hanya orang dewasa saja, melainkan anak-anak nyatanya juga rentan sekali untuk mengalami berbagai macam masalah yang berhubungan dengan fisiknya. Jenis-jenis terapi yang dilakukan tak hanya memperbaiki fisik yang bermasalah, melainkan nyatanya juga sangat mungkin dalam membantu memberikan dukungan pada keluarga yang memiliki anak dengan keterbatasan fisik tersebut.

Terapi yang satu ini biasanya akan dilakukan kepada anak-anak yang mengalami kesulitan di dalam menggerakkan beberapa bagian tubuh mereka. Sehingga aktivitas fisiknya juga akan terganggu, bahkan juga kemampuan di dalam bersosialisasinya. Beberapa masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan terapi pada anak-anak adalah cerebral palsy, kelainan neuromuscular, down syndrome sampai dengan global development delay.

2. Fisioterapi neurologis, sedangkan untuk terapi yang satu ini lebih ditujukan kepada orang-orang yang mengalami kelainan atau masalah neurologis, sebut saja diantaranya adalah terkena penyakit Alzheimer, kemudian cedera pada bagian tulang belakang sampai dengan pasien pasca terkena serangan stroke.

Sehingga dengan adanya fisioterapi ini nantinya akan membantu di dalam meningkatkan kualitas hidup dari penderitanya yang sebelumnya sempat turun atau bahkan hilang karena penyakit yang diderita tersebut. Ada terapis khusus yang akan membantu di dalam pelaksanaannya, hanya saja harus dilakukan secara rutin untuk mencapai manfaat yang optimal.

3. Fisioterapi ortopedi, bentuk terapi fisik yang dilakukan untuk mendiagnosis, kemudian juga mengendalikan sampai dengan mengobati gangguan yang dialami pada sistem musculoskeletal. Selain itu sebenarnya terapi yang satu ini sangatlah membantu di dalam proses pengobatan setelah mengalami operasi tulang, misalnya adalah ketika tulang mengalami keretakan sehingga harus menjalani operasi.

Begitu pula dengan cidera lainnya seperti ketika menjalani olahraga, radang sendi dan sejenisnya. Selain dilakukan secara manual, pada dasarnya terapi yang satu ini juga dilakukan dengan memakai bantuan alat-alat tertentu layaknya stimulasi listrik.

Setidaknya itulah 3 bidang fisioterapi yang patut untuk Anda ketahui. Jasa fisioterapi datang ke rumah bisa Anda dapatkan secara mudah dengan mengandalkan aplikasi dari aido health, langsung saja cek pilihan tenaga medis yang ada disana dan dapatkan yang terbaik.