Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Bibit Jamur Tiram 

Hal Yang Harus Diketahui Mengenai Bibit Jamur Tiram 

Apakah Anda suka berpetualang dan ingin mencoba proyek kultivasi baru? Maka jamur mungkin bisa menjadi jawaban untuk Anda. Bagi banyak orang, ini ternyata menjadi proyek yang cukup menarik. Jadi walaupun Anda tidak memiliki gelar sarjana Botani, Anda mungkin tertarik untuk membudidayakan jamur enak ini.

Mengurangi waktu kolonisasi

Pada tahap awal, Anda bisa menjajal budidaya jamur tiram secara kecil-kecilan. Jika ternyata berhasil, maka Anda dapat mencoba secara komersial dengan membeli bibit jamur tiram dari produsen ternama. Anda harus mempertimbangkan jenis jamur payung yang ingin Anda tanam.

Ini diperlukan untuk menyesuaikan media dengan bibit. Waktu kolonisasi akan berkurang secara signifikan jika substrat cocok dengan miselium. Meskipun Anda memiliki keterbatasan ruang, Anda dapat memilih untuk membudidayakan jamur payung jenis ini karena efektif untuk berbuah di dalam ruangan.

Memilih bibit yang tepat

Jamur merupakan jamur dengan jenis siklus hidup yang berbeda. Bagian yang hidup terselip di substrat lain seperti cabang atau batang kayu yang busuk. Untuk menyiapkan campuran, Anda membutuhkan zat yang disebut miselium ini. Anda dapat mulai menanam jamur payung jenis ini dengan sedikit usaha dan hanya dengan investasi kecil. Memilih bibit yang tepat penting untuk mendapatkan panen yang sehat.

Bibit dapat didefinisikan sebagai bahan bergizi di mana miselium akan mulai tumbuh. Namun, menanam jamur payung langsung dari bahan ini tanpa substrat bukanlah ide yang baik. Menambahkan bahan bergizi ini akan menghasilkan hasil yang lebih tinggi. Anda dapat membeli bibit jamur tiram dari berbagai pemasok baik secara online maupun offline.

Perhatikan tanggal inokulasi

Bibit yang Anda rencanakan untuk dibeli dari toko lingkungan akan datang dengan tanggal inokulasi. Anda harus selalu mengingat tanggal tersebut karena akan ada degradasi material yang cepat akibat intervensi bakteri dan jamur. Segera setelah busuk, bercak kuning muncul di kulit jamur payung.

Oleh karena itu, Anda harus segera menggunakannya saat tiba. Jika tidak ada kegunaan langsung, letakkan di lemari es untuk memperpanjang umurnya. Ingatlah selalu bahwa bahan yang dibeli dari pabrikan hampir tidak pernah bertahan lebih dari dua bulan.

Pilih produsen yang sesuai

Jika Anda kewalahan dengan seluruh proses persiapan campuran, maka Anda bisa memulai proses budidaya Anda dengan beberapa kit yang mudah. Mereka datang dengan banyak instruksi dan akan memandu Anda dalam memahami seluruh siklus hidup jamur. Ada banyak perusahaan yang terlibat dalam produksi ini. Anda perlu melakukan penelitian mendetail untuk menemukan yang sangat direkomendasikan.

Investasikan banyak waktu saat mengambil keputusan pembelian ini. Jangan kompromi pada kualitas. Setelah membeli bibit, telusuri media yang cocok. Selalu perhatikan penawaran obral dari produsen. Lihat kebijakan pengiriman mereka. Jika Anda memesan secara teratur, Anda dapat membuat kontrak jangka panjang dengan mereka.