Kredit Mobil Baru Atau Bekas? Catat Point Berikut Ini!

Kredit Mobil Baru Atau Bekas? Catat Point Berikut Ini!

Kredit menjadi pilihan untuk bisa membeli suatu produk selain dengan cara cash. Dengan pembayaran secara kredit, Anda bisa memperoleh dan menggunakan barang tersebut tanpa harus membayar secara tunai. Cara kredit ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli barang di toko konvensional namun juga di toko online terpercaya. Salah satu yang bisa dibeli dengan cara kredit adalah mobil. Akan tetapi tidak sedikit yang bingung untuk memilih jenis kredit mobil bekas ataupun baru.

Untuk menentukan apakah Anda akan memilih untuk membeli mobil bekas atau baru dengan cara kredit, selain harus mempertimbangkan mengenai berapa uang atau budget yang Anda miliki, Anda harus memperhatikan poin-poin penting berikut ini.

Pertama adalah perhatikan mengenai besar suku bunga kredit tersebut. Masing-masing kreditor memiliki ketentuan tersendiri untuk menentukan besar bunga kredit kendaraan roda empat tersebut. Walaupun mobil bekas memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan mobil baru namun mobil bekas memiliki resiko yang lebih tinggi sehingga tidak sedikit bank ataupun lembaga jasa keuangan yang menerapkan bunga yang lebih tinggi untuk kredit kendaraan yang baru.

Kedua adalah besaran uang muka. Pemerintah lewat Peraturan Bank Indonesia sudah menentukan jika besar uang muka atau DP untuk kredit mobil besarnya adalah sekitar 25-30% dari jumlah harga kendaraan tersebut. Karena hal tersebut, pastikan Anda mengetahui secara pasti berapa budget yang Anda miliki. Misalnya jika Anda memiliki dana sekitar Rp 40 juta, Anda bisa mendapatkan mobil bekas karena DP-nya hanya sekitar Rp 25-30 juta untuk mobil dengan harga Rp 100 juta. Namun, jika Anda ingin membeli mobil baru, Anda harus memilih mobil yang harganya di bawah Rp 200 juta, misalnya sekitar Rp 150 juta.

Ketiga adalah garansinya. Jika Anda memilih untuk membeli mobil baru dengan cara kredit, Anda tentunya akan mendapatkan point plus yaitu garansinya sehingga jika sewaktu-waktu ada kerusakan yang tertanggung oleh garansi tersebut, Anda tidak perlu bingung masalah biaya dan Anda bisa menjadi lebih tenang. Walaupun saat mengkredit mobil Anda bisa saja mendapatkan mobil yang masih bergaransi, namun banyak mobil bekas yang sudah tidak bergaransi sehingga mau tidak mau Anda harus melindungi kendaraan roda empat Anda tersebut dengan menggunakan asuransi.

Keempat adalah harga jualnya. Beberapa merk mobil tertentu memiliki harga yang stabil dan tidak memiliki perbedaan yang mencolok antara harga jual mobil yang baru ataupun harga jual mobil bekas. Sehingga, untuk mengurangi kerugian karena membeli mobil secara kredit, Anda harus tahu terlebih dahulu mengetahui kondisi pasar untuk memilih mobil yang tepat. Namun, jika Anda hanya ingin membeli mobil bekas lalu menjualnya kembali, maka Anda akan lebih rugi untuk membeli mobil bekas.

Kelima adalah kondisi serta biaya perawatan. Saat Anda melakukan kredit mobil terutama mobil bekas maka Anda harus memperhatikan kondisi mobil. Hal tersebut disebabkan karena jika kondisi mobil tersebut kurang baik, walaupun Anda membeli dengan kredit yang murah, namun Anda harus melakukan perawatan dan perbaikan sehingga mobil tersebut kondisinya menjadi lebih bagus.

Keenam adalah premi asuransi. Untuk melindungi mobil, maka Anda butuh asuransi. Asuransi tersebut akan meng-cover setidaknya hingga masa kredit berakhir. Sehingga saat Anda pilih asuransi, pastikan jika asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda baik TLO atau all risk dan ketahui apa saja yang dipertanggungkan dan besar premi.