Mainan Anak yang Tidak Baik Sangat Berpengaruh untuk Masa Depan Anak

Mainan Anak yang Tidak Baik Sangat Berpengaruh untuk Masa Depan Anak

Sebagai orang tua jaman sekarang ini harus pintar-pintar untuk memberikan bimbingan dan pemahaman yang baik terhadap anak. Seperti halnya saat memberikan sejumlah mainan anak yang mereka inginkan secara cuma-cuma yang dapat mengancam perkembangan anak.

Seperti yang telah dikatakan dalam sebuah lembaga beberapa tahun lalu mengenai peredaran mainan untuk anak yang banyak mengandung bahan berbahaya. Selain dapat merugikan produsen mainan sendiri hal itu juga akan mengancam keselamatan anak bangsa. Perkembangannya terganggu akibat sering sakit saat menggunakan mainan yang berbahaya.

Sedini mungkin orang tua harus paham mengenai mainan untuk anak yang aman dan juga membantu pertumbuhan saraf motorik nya. Misalnya dari mulai balita anak sudah mempunyai rasa keingintahuan yang kuat sehingga setiap barang yang ada di depannya akan selalu dimasukkan kedalam mulut, itulah cara bayi untuk mencari tahu benda yang ada disekitarnya.

Nah, hal tersebut salah satu kegiatan yang seharusnya diawasi orang tua, sediakan selalu mainan yang mempunyai ijin edar dan juga sudah terjamin kualitas dan tidak menggunakan bahan berbahaya jika akan dimasukkan kedalam mulut.

Setelah menginjak anak sekolah dasar kembali lagi orang tua harus lebih sigap dalam memantau kegiatan anak setiap harinya. Pasalnya bukan lagi bahannya sebuah mainan yang dapat mengancam kesehatan anak tetapi adanya permainan online yang membuat mereka lupa akan segalanya.

Melakukan permainan di internet sekarang lebih banyak diminati anak-anak dari pada harus bermain menggunakan mainan. Bermacam-macam jenis permainan yang mereka bisa lakukan dan kesemuanya mempunyai sifat mengikat. Jadi sekali saja seorang anak melakukan permainan semakin tidak bisa lepas juga mereka dari gadget tersebut. Berikut ini beberapa kerugian untuk anak yang sering melakukan permainan online dari pada memainkan mainan anak biasanya, antara lain:

  1. Menimbulkan kecanduan yang berlebihan jadi untuk anak akan lebih sulit melakukan kegiatan lainnya seperti bermain, belajar, sekolah atau lainnya.
  2. Selanjutnya yaitu akan berdampak pada rasa sosial seorang anak kurang, misalnya anak yang melakukan permainan online secara terus menerus secara otomatis akan lebih sering berada dalam rumah, hal tersebut akan membuat mereka susah untuk berinteraksi dengan orang luar. Kebiasaannya setiap harinya dengan game, untuk bermasyarakat dan mengenal orang banyak pun susah.
  3. Sulit berkomunikasi merupakan dampak negative selanjutnya yang bisa ditimbulkan dari permainan online.
  4. Keadaan fisik yang terbiasa berdiam diri akan membuat pertumbuhan seorang anak kurang sehingga kesehatannya pun akan terganggu. Misalnya sulit melakukan aktivitas umum menggunakan fisik yang berat seperti halnya saat olahraga.
  5. Kesehatan mata yang selalu tertuju pada layar setiap harinya juga akan terganggu. Lebih baik batasi penggunaan permainan dalam internet setiap harinya untuk anak.

Banyaknya dampak negative yang ditimbulkan membuat orang tua mempunyai PR besar dalam pengawasan kegiatan anak melalui internet. Secara tidak langsung dunia anak akan habis hanya dengan bermain game online sehari-hari. Bahkan mungkin dari pendidikan juga akan terganggu karena hal tersebut. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, jadi biarkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan jika ada hal seperti itu tidak bisa di biarkan.

Peran utama dari orang tua sangat diuji untuk menjaga tumbuh kembang anak dari lahir hingga dewasa. Jangan sampai mereka mengalihkan perhatiannya dari memainkan mainan anak ke hal negative seperti melakukan permainan online secara terus menerus. Lebih baik sediakan mainan yang mengedukasi yang dapat menunjang pertumbuhan anak. Anda bisa membelinya secara langsung ataupun melalui toko online yang sekarang ini banyak bermunculan.