Mengapa Tidur Sangat Kuat Dan Efektif Untuk Kesehatan Mental

Mengapa Tidur Sangat Kuat Dan Efektif Untuk Kesehatan Mental

Dalam masyarakat barat yang serba cepat ini, kami selalu terhubung dan tersedia 247, kami memiliki informasi yang mengalir ke diri kami setiap hari dan ada peningkatan harapan bagi kami untuk merespons secara instan. Mengingat semua ini, ada kebutuhan yang semakin besar bagi kita untuk beroperasi atau berfungsi dalam hal kesehatan mental kita tidak hanya pada tingkat ‘normal’ atau ‘dapat diterima’, tetapi juga pada tingkat ‘optimal’.

Optimal berarti kita berfungsi pada level tertinggi secara mental, emosional, fisik dan spiritual, sehingga kita mampu mengatasi tuntutan hidup dengan baik. Jika kita beroperasi pada tingkat sub-optimal, akan jauh lebih sulit bagi kita untuk melakukan bahkan fungsi dasar kehidupan.

Jadi, bagaimana kita memastikan tingkat kesehatan dan kesejahteraan kita sebagaimana mestinya?

Salah satu faktor utama yang berkontribusi untuk kesehatan mental dan kebugaran jangka panjang adalah memastikan kita mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas baik per malam.

Perbaikan

Tidur memperbaiki tubuh. Ini memiliki efek langsung yang positif pada bagaimana Anda berfungsi secara kognitif pada hari-hari berikutnya dan berikutnya. Saat kita tidur, kita tidur dalam siklus 60-90 menit. Selama waktu itu kita terombang-ambing antara tidur nyenyak (disebut delta) di mana tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan tidur REM yang lebih ringan.

Penarikan

Tidur REM (rapid-eye-movement), atau tidur ringan, memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Ini membantu Anda mengingat informasi yang Anda serap setiap hari dengan lebih baik. Selama fase tidur REM inilah mata Anda bergerak cepat dari sisi ke sisi (karena itulah namanya) dan Anda bermimpi.

Irama

Tidur pada waktu yang tepat (idealnya pukul 10 malam) dan mendapatkan jumlah tidur yang tepat setiap malam menjaga ritme sirkadian Anda tetap terkendali. Ritme sirkadian Anda adalah jam tubuh alami Anda yang memberi sinyal kapan waktunya bagi Anda untuk tidur dan kapan waktunya bagi Anda untuk bangun.

Pola shift kerja (terutama shift malam) dapat membuat keseimbangan ini tidak seimbang yang dapat memiliki konsekuensi besar tidak hanya untuk kesehatan mental dan fisik Anda tetapi juga untuk kesehatan usus Anda.

Kurangnya kualitas tidur yang baik berarti bahwa alih-alih terjaga dan berenergi sepanjang hari, Anda mungkin merasa mengantuk, lesu dan tidak dapat fokus untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, ketika Anda berada di tempat tidur pada malam hari Anda mungkin merasa ‘lelah dan lelah’ (artinya tubuh Anda lelah secara fisik, tetapi pikiran Anda terjaga dan karena itu Anda tidak dapat tidur).

Melatonin, hormon yang mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur, dan serotonin (hormon terjaga Anda) harus seimbang agar Anda dapat berfungsi dengan baik di hari itu. Ini berarti melatonin masuk secara alami dari sekitar jam 9 malam (untuk membantu Anda tidur) sampai sekitar jam 7 pagi ketika serotonin dilepaskan untuk membawa Anda sepanjang hari.

Saat ini melatonin, siklus serotonin seimbang Anda benar-benar terjaga di siang hari dan mengantuk di malam hari (padahal seharusnya). Ini pada gilirannya berarti Anda mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Penguat Kekebalan Tubuh

Jadi jangan pernah meremehkan kekuatan tidur jika Anda menghargai kesehatan dan kesejahteraan Anda. Kualitas tidur yang baik tidak hanya membantu kita berfungsi lebih efektif, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan kita, membantu kita mencegah virus dan infeksi lain yang akan lebih mudah kita tangkap dengan tingkat dan kualitas tidur yang lebih rendah.

Oleh karena itu, tidur adalah salah satu pilar fundamental dari kesehatan dan kesejahteraan yang luar biasa. Tanpanya kita mungkin menemukan diri kita dari waktu ke waktu tidak hanya beroperasi di bawah standar tetapi juga membuka diri terhadap kondisi kronis yang melelahkan seperti ME, sindrom kelelahan kronis, atau fibromyalgia.

Kondisi ini dapat melemahkan dan dapat, jika tidak terus diperiksa, membuat kita terikat di tempat tidur atau di kursi roda.

Jadi cara utama untuk menjaga kesehatan mental Anda dalam jangka panjang adalah dengan memastikan bahwa Anda tidak hanya mendapatkan 7-9 jam Anda tetapi juga memastikan bahwa Anda tidur pada waktu yang tepat untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan malam yang lebih baik. tidur.