Trik Kulkas Hemat Listrik. Perhatikan Beberapa Faktor Ini!

Trik Kulkas Hemat Listrik. Perhatikan Beberapa Faktor Ini!

Kulkas merupakan perabotan rumah tangga yang masuk dalam kategori kebutuhan primer. Terlebih untuk Anda yang tidak sempat belanja bahan makanan setiap hari, kehadiran kulkas menjadi sangat penting untuk menyimpan bahan makanan, tanpa khawatir akan merusak kualitasnya.

Tapi yang jadi masalah, banyak orang yang mengeluhkan tagihan listriknya langsung membengkak saat menggunakan kulkas. Kenapa bisa seperti itu?

  • Kulkas Inverter

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah, jenis kulkas yang digunakan. Apakah Anda memakai kulkas inverter atau tidak. Kulkas inverter sudah dilengkapi dengan teknologi pintar yang mampu menghemat penggunaan listrik hingga 70 persen ketimbang kulkas non-inverter.

Hal ini tidak lepas dari cara kerja kulkas inverter yang akan langsung menarik udara dingin ke dalam ruangan, kemudian menahannya lebih lama dengan fluktuasi suhu dingin mencapai 0.5 derajat celcius. Setelah itu kulkas akan masuk ke dalam mode hemat energi.

Kelebihan inilah yang membuat kulkas inverter jauh lebih hemat listrik, usia pakainya jadi lebih panjang, mudah dirawat dan kualitas makanan tetap terjaga.

  • Pola Menyimpan Makanan

Perhatikan juga pola penyimpanan makanan Anda. Kulkas rumahan umumnya terbagi dalam 3 kategori tempat penyimpanan, bagian atas merupakan freezer. Selain membuat es (ice maker), bagian ini biasa digunakan untuk menyimpan makanan beku atau frozen food.

Bagian kedua yang berada di tengah-tengah disebut chiller. Bagian ini biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan tertentu, atau makanan sisa, digunakan untuk proses thawing atau mencairkan makanan beku, dan lainnya.

Sementara bagian terbawah pada dasarnya masih chiller, namun umumnya dilengkapi dengan box atau tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan.

Nah jika digunakan sesuai dengan fungsinya, bagian-bagian dari kulkas tersebut bukan akan mampu menjaga kualitas makanan tetap baik, tapi juga perawatan kulkas jadi lebih mudah dan penggunaan listrik akan jauh lebih hemat.

  • Perhatikan Kapasitas Kulkas

Pastikan kulkas tidak terisi penuh dengan makanan, atau sebaliknya, jangan biarkan kulkas tetap menyala dalam kondisi kosong. Tidak memperhatikan kapasitas kulkas bukan hanya mampu menjaga usia pakai kulkas tetap panjang, tapi juga akan membuat penggunaan listrik jadi lebih hemat.

Saat kulkas dalam kondisi penuh, kulkas akan terus berusaha mendinginkan setiap jengkal dari bagian kulkas. Kondisi ini akan membuat kompresor kulkas bekerja lebih keras, yang pada gilirannya akan membuat konsumsi listrik jadi lebih boros.

  • Perhatikan Fitur Tambahan Kulkas

Meski sama-sama kulkas inverter, faktanya setiap produsen kulkas punya ‘teknologi rahasia’ yang akan membuat produknya jauh lebih baik ketimbang produk kompetitor. Misalnya HISENSE yang konsisten menyajikan kulkas inverter berkualitas terbaik dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Tidak hanya itu, kulkas inverter dari HISENSE punya banyak fitur canggih yang dapat menjaga kualitas bahan makanan tetap baik, usia simpan yang lebih panjang, jauh lebih hemat energi, ruang penyimpanan yang lebih luas, dan sederet fitur terbaik lainnya.

Beberapa produk terbaik tersebut diantaranya, Inverter 2 Door 459L – RT546N4IWBU, Inverter 2 Door 459L – RT546N4IWBU, Inverter 4 Door Refrigerator 507L – RQ561N4IWBU, Inverter Side by Side Refrigerator 564L – RS680N4IBU, dan lainnya.

Anda bisa mendapatkan produk-produk terbaik kulkas hemat listrik HISENSE di Electronic City, atau di situs e-commerce, seperti Shopee, JD.ID, akulaku, dan lainnya.