TV Tuner, Jenis dan Plus Minusnya

TV Tuner, Jenis dan Plus Minusnya

Menonton televisi menjadi salah satu kegiatan yang bisa dijadikan sebagai aktivitas untuk menghilangkan rasa jenuh namun tidak semua orang mampu menonton TV karena berbagai alasan misalnya karena di kost dan tidak punya biaya tambahan untuk membeli TV. Solusinya adalah dengan menggunakan tv tuner yang bisa dibeli baik di toko elektronik yang ada di sekitar tempat tinggal Anda atau bahkan di toko online kepercayaan Anda.

Perangkat tersebut merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk menampilkan siaran TV dengan cara disambungkan ke laptop atau ke komputer. Hardware ini dilengkapi dengan beragam jenis tool dan masing-masing jenis hardware untuk menonton TV dari laptop tersebut memiliki fitur yang berbeda satu sama lain. Pada dasarnya, ada 2 jenis perangkat keras untuk menampilkan siaran televisi tersebut yaitu:

  • Eksternal: Hardware untuk menonton TV lewat komputer atau laptop yang dipasangkan di bagian luar CPU misalnya di port USB.
  • Internal: dipasangkan di dalam CPU yaitu di motherboard dan dipasang di bagian slot PCI.

Untuk jenis hardware yang berfungsi untuk menampilkan siaran TV di laptop atau komputer yang internal, setidaknya Anda memiliki komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi minimal memiliki processor dengan kecepatan minimal 500 Mhz, 128 MB RAM, sound card, VGA card, speaker aktif, antena televisi. Sedangkan untuk jenis eksternal, tidak ada persyaratan khusus dan Anda jelas perlu monitor untuk outputnya.

Ada beberapa jenis tv tuner yang bisa harus Anda ketahui terutama jika Anda hendak belanja online. pertama adalah tuner internal card. Jenis tuner ini harus dipasang di mobo dan nantinya akan bekerja apabila komputer dinyalakan serta PC atau laptop Anda harus sudah terinstal software driver terlebih dahulu. Keunggulan dan kelemahan dari jenis tuner ini adalah:

Keunggulan:

  • Memiliki 5 analog masukan video 2 yaitu CVBS dan S-video.
  • Mampu untuk menghasilkan video atau output dengan kualitas lebih dari 750 px.
  • Memungkinkan Anda untuk bisa mengatur kecerahan, saturasi, kontras dan juga warna.
  • Memungkinkan Anda untuk menjalankan program lainnya di waktu yang bersamaan di PC atau laptop Anda.
  • Bisa merekam video dari siaran TV.

Kelemahan:

  • Membebani kerja dari processor.
  • Hanya bisa digunakan saat komputer dihidupkan.
  • Butuh free space yang lebih jika Anda hendak melakukan Perekaman.

Kedua adalah jenis tuner eksternal tipe box. Tuner ini hanya butuh monitor karena sinyal keluaran tuner ini adalah sinyal VGA yang dapat langsung dihubungkan ke monitor baik dengan atau tanpa menyalakan komputer. Keunggulan dan kelemahannya adalah:

Keunggulan:

  • Lebih bagus jika dibandingkan dengan tuner USB.
  • Dapat dinyalakan walaupun komputer dalam kondisi mati karena Anda hanya perlu mengkoneksikan nya dengan monitor.

Ketiga adalah jenis tuner tipe USB. Tv Tuner ini membutuhkan port USB untuk bisa dioperasikan agar Anda bisa melihat televisi di laptop atau komputer Anda. Ada jenis tuner USB atau mini yang memiliki bentuk seperti sick dan port USB. Keunggulannya, karena bentuknya kecil dan ringan membuat Anda bisa membawa tuner ini kemanapun Anda inginkan. Namun kekurangannya ada pada kualitas gambar yang kurang bagus, perlu diinstal terlebih dahulu dan hanya bisa dipergunakan jika laptop atau komputer menyala. Walaupun bisa dipergunakan baik di laptop atau PC namun jenis tuner ini lebih banyak dipergunakan di laptop atau net book.